IBX592EBB4330670 Cara Sederhana Mengatasi Telinga Berdenging Saat Menaiki Kendaraan
  • Home
  • Cara Sederhana Mengatasi Telinga Berdenging Saat Menaiki Kendaraan


    Selain disebabkan karena gangguan kesehatan tubuh, telinga berdenging juga kerap dirasakan oleh orang-orang yang menaiki kendaraan dalam jangka waktu yang lama. Mereka akan merasakan sensasi telinga yang dipenuhi udara, merasa ‘budek’ sebelah atau di kedua telinga, dan dengingan yang kadang timbul hilang. Apakah Anda termasuk yang pernah merasakan sensasi tersebut?

    Cara Sederhana Mengatasi Telinga Berdenging Saat Menaiki Kendaraan

    Tips Mengatasi Dengingan Saat Menaiki Kendaraan

    Ø Atur pernapasan sebaik mungkin
    Saat lama menaiki kendaraan, Anda mungkin akan mengalami gejala nyeri pada bagian telinga, tekanan yang terasa, rasa sakit, dan tidak dapat mendengar dengan baik. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengatur pernapasan agar mendorong udara keluar telinga. Namun, jangan terlalu memaksa saat mendorong udara agar tidak menimbulkan luka.

    Cara mengatur napasnya adalah: 1) posisikan tubuh dengan tegak dan jangan membungkuk; 2) ambil napas dalam secara perlahan; 3) pencet atau tutup hidung dengan tangan; dan 4) cobalah bernapas dengan pelan dalam posisi tersebut hingga Anda mendengar bunyi ‘plop/plok’. Bunyi tersebut menandakan bahwa udara di dalam telinga berhasil dilewatkan melalui telinga bagian tengah.

    Ø Jangan lupa untuk menguap!
    Cara lain adalah dengan menguap sesering mungkin. Dengan menguap, maka Anda menggerakkan bagian rahang mulut sehingga membantu udara terdorong ke bagian eustachius. Fungsi dari esutachius ini adalah sebagai penghubung antara bagian belakang gendang telinga dengan bagian belakang hidung. Dengan adanya saluran ini, maka tekanan di dalam dan luar telinga akan seimbang.

    Oleh sebab itu, saat telinga terasa ‘budek’ dan berdenging selama menaiki kendaraan maka Anda harus mengurangi tekanan di telinga bagian dalam dengan cara mendorong udaranya ke luar menuju saluran eustachius. Dengan begitu, sedikit demi sedikit tekanan akan berangsur hilang. Selain menguap, sering menggerakan rahang dan mengunyah makanan pun dapat mendorong udara ke luar.

    Ø Mengemut permen mint
    Apabila terus menerus menguap atau menggerakan rahang tentu akan terasa pegal. Terdapat alternatif lain yang dapat dilakukan yaitu dengan mengemut permen, lebih baik rasa mint. Permen yang memiliki rasa mint akan memberikan kesegaran yang menyeluruh di dalam mulut. Sensasi segar tersebut akan membuka jalan dan mendorong udara mengalir melewati saluran esutachius.

    Selain mengemut permen, Anda juga dapat mengonsumsi minuman hangat atau makanan agar mendorong mulut untuk melakukan gerakan mengunyah. Usahakan untuk sering minum atau makan sesuatu, dan kalau bisa minuman yang hangat. Gerakan menelan dan mengunyah tersebut cukup dapat membantu mengurangi tekanan di telinga bagian dalam sehingga dengingan pun akan berangsur hilang.

    Mengalami telinga yang mendadak ‘budek’, tertekan udara, hingga berdenging memang membuat perjalanan tidak nyaman. Hal tersebut kerap terjadi pada orang yang melakukan perjalanan jauh terutama saat menaiki pesawat. Selain itu, kondisi lain yang dapat memicu dengingan telinga adalah mengendarai motor dalam waktu lama, berada di daerah dataran tinggi, dan saat menyelam.

    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+
    Tags :

    Related : Cara Sederhana Mengatasi Telinga Berdenging Saat Menaiki Kendaraan